Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Sekretariat Jenderal Kemenkumham menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Akuntansi Instansi (SAI) Tahun Anggaran 2012

Sekretariat Jenderal Kemenkumham selama empat hari sejak tanggal 19 Juni sampai dengan 22 Juni 2012 bertempat di Hotel Satelit Kota Surabaya telah menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Akuntansi Instansi (SAI) yang diikuti oleh seluruh satuan kerja dilingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham wilayah Indonesia Timur. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan kepada para pelaksana/petugas akuntansi dalam mengoperasikan sistem aplikasi SAI sehingga setiap unit akuntansi dapat menerbitkan pelaporan keuangan yang akurat dan tepat waktu sesuai dengan Sistem Akuntansi Pemerintah yang berlaku.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut meliputi diantaranya kebijakan penatausahaan Barang Milik Negara, aplikasi persediaan, aplikasi SIMAK BMN dan lain-lain dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Keuangan RI. Acara tersebut dibuka langsung oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham, Bapak Sam L. Tobing dan hadir pada pembukaan tersebut Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, Kepala Biro Keuangan, Para Kepala Divisi dilingkungan Kanwil kemenkumham Jawa Timur. Sejak dimulainya hingga berakhirnya acara tersebut, pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta antusiasme para peserta dari satuan kerja dalam mengikuti kegiatan tersebut.

peserta diberikan bekal dan dilatih dalam mengoperasikan Aplikasi Sistem Akuntansi Keuangan dan Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara oleh Narasumber dari Ditjen Perbendaharaan dan Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan dan Instruktur dari Biro Keuangan serta Biro Perlengkapan, dimana peserta SAK difokuskan pada Laporan Keuangan tingkat kantor satuan kerja selaku Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) serta penggabungan di tingkat Wilayah (Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran-Wilayah) sedangkan bagi peserta SIMAK BMN lebih difokuskan kepada Penatausahaan dan Pelaporan Barang tingkat satuan kerja selaku Unit Penatausahaan Kuasa Pengguna Barang (UPKPB) serta penggabungannya ke Tingkat Wilayah (UPPB-W).

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada tahun ini, Badan Pemeriksa Keuangan RI telah menyampaikan opini terkait dengan Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM RI Tahun Anggaran 2011 yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Perolehan opini ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak seluruh jajaran Kemenkumham. Untuk itu, Kepala Biro Perlengkapan pada saat acara penutupan memberikan sambutan dan amanatnya kepada seluruh peserta sosialisasi yaitu dalam rangka mempertahankan opini yang telah dicapai maka kita diminta untuk memfokuskan terhadap temuan-temuan berulang oleh Badan Pemeriksa Keuangan diantaranya :

  1. Pencatatan Pendapatan (PNBP);
  2. Penggunaan MAK;
  3. Pencatatan Barang Persediaan dan Hibah
  4. Kepatuhan terhadap peraturan.

Melalui penyelenggaraan SAI ini semoga dapat menjadikan momentum untuk saling mengenal, bertukar informasi serta berbagi pengalaman antara sesama petugas SAI dilingkungan satuan kerja masing masing sehingga dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri dan khususnya bagi kedinasan dalam menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dimasa yang akan datang.

QUOTE :
KARENA ANAK MUDA SAAT INI KOMPETITORNYA SEDUNIA. BUKAN LAGI TETANGGA SEBELAH. KITA HARUS TUNJUKAN KOPETENSI DIRI KITA
Ratih Ibrahim, Psychologist

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 25 Juni 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: