Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Pembangunan Hukum dan HAM Tahun 2015 – 2019

Csk-Kalau boleh diibaratkan mau membangun rumah, maka pembangunan nasional itu desain dan rancang bangunnya ada di undang-Undang Nomor 17 tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN)2005-2025. Kita semua tahu bahwa dalam pelaksanaan RPJPN tersebut dibagi menjadi empat fase sasaran pembangunan nasional dan saat ini di era Presiden Bapak Joko Widodo memasuki fase ketiga dari RPJPN.

Picture1

Pastilah para ahli perencana yang membidangi pembangunan bidang hukum dan ham ini sudah menyiapkan strategi dan cara-cara jitu untuk mewujudkan sasaran tersebut dibawah koordinasi Kementerian PPN/Bappenas. Kalau kita simak sasaran pembangunan nasional di fase ketiga dari UU Nomor 17 tahun 2007 ini menggambarkan bahwa pembangunan di berbagai bidang ditekankan untuk meningkatkan daya saing. Demikian pula halnya pembangunan dibidang hukum membutuhkan perencanaan strategis agar dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan daya saing Indonesia.

Isu utama saat ini adalah mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Mewujudkan keadilan tidak terlepas dari kualitas penegakan hukum itu sendiri. Mewujudkan itu semua kami yakin dan percaya pastilah kementerian dan lembaga dibidang hukum telah menyusun rencana strategis (renstra) yang akan dicapai dalam lima tahun kedepan 2015 – 2019.

Secara garis besar Kementerian PPN/Bappenas telah menetapkan 12 arah kebijakan dalam lima tahun kedepan (2015 – 2019) dengan sasaran pembangunan hukum dan ham nasional yaitu terwujudnya penegakan dan kesadaran hukum yang dijabarkan dalam arah kebijakan antara lain:

1. Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan dibidang Korupsi;

2. Harmonisasi Peraturan HAM;

3. Penegakan HAM;

4. Bantuan Hukum bagi masyarakat miskin; dan

5. Pendidikan HAM yang berkualitas.

Demikian, semoga bermanfaat.

Sumber data diolah dari Direktorat Hukum dan HAM Kementerian PPN/Bappenas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 14 Mei 2015 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: