Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Sosialisasi siMAYA Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2014

Bandung, CsK -Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pemanfaatan TIK termasuk dalam 9 program percepatan reformasi birokrasi yaitu pengembangan sistem elektronik pemerintah (e-government) sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government. Untuk mewujudkan pengembangan sistem elektronik pemerintah (e-government), telah ditetapkan kebijakan pengelolaan tata naskah dinas secara elektronik melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Hal ini merupakan upaya pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja serta tertib administrasi di lingkungan instansi pemerintah.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bapak Ambeg Paramarta memberikan arahan kepada para peserta Sosialisasi siMAYA

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bapak Ambeg Paramarta memberikan arahan kepada para peserta Sosialisasi siMAYA

Dalam rangka mewujudkan e-government, Kementerian Hukum dan HAM RI telah memiliki Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) yang sudah diresmikan penggunaannya oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM pada tanggal 1 Maret 2013. Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) yang ada saat ini merupakan aplikasi yang dibangun oleh Tim Teknologi Informatika Kementerian Hukum dan HAM, dan hanya digunakan di internal Kementerian Hukum dan HAM.

Dengan adanya Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 05 Tahun 2013 tentang Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik yang mengharuskan pada akhir tahun 2014 seluruh Kementerian/Lembaga telah menerapkan siMAYA sebagai sistem administrasi perkantoran maya yang terintegrasi dengan Kementerian lain, Kabupaten, Lembaga, dan lainnya. Untuk itu, pada tahun ini Biro Umum Kemenkumham menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi  siMAYA pada tanggal 25 s.d. 26 September 2014 di Hotel Sukajadi Bandung, Jawa Barat yang diikuti oleh Para Kepala Subbagian Kepagawaian dan Tata Usaha Kanwil serta Unit Eselon I di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Sistem Administrasi Perkantoran MAYA (siMAYA) merupakan program aksi nasional yang nantinya akan tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) mengenai  e-government yang akan menjadi payung hukum secara nasional. Selain itu siMAYA merupakan implementasi TNDE yang merujuk pada payung hukum Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, yang diuraikan lebih lanjut melalui PP Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik. Dengan demikian keabsahan dan legalitas siMAYA sebagai implementasi TNDE dalam birokrasi pemerintahan di Indonesia telah memiliki dasar hukum yang kuat. siMAYA merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pada akhirnya dengan telah tersosialisasikannya Sistem Administrasi Perkantoran MAYA (siMAYA), maka pada awal tahun 2015, Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE)  Kementerian Hukum dan HAM akan beralih menggunakan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) siMAYA yang terintegrasi dengan kementerian/lembaga lainnya” demikian disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bapak Ambeg Paramarta saat membuka sosialisasi siMAYA di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta, kamis (25/09/2014). Sebelum menutup sambutannya, Sekjen berpesan kepada para peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik. “Ikutilah seluruh rangkaian kegiatan dengan baik agar dapat diterapkan pada unit kerja masing-masing. Jangan menganggap siMAYA tidak penting, karena ini akan meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja, dan kita akan mampu melakukan pengelolaan administrasi dengan baik,”

Liputan kegiatan

a. Pembukaan dan Pembekalan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI.

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bapak Y. Ambeg Paramarta, S.H., M.Si dalam acara pembukaan menyampaikan dukungan beliau atas dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi siMAYA, akan tetapi  beliau berpesan agar output kegiatan ini diharapkan dapat diterapkan secara nyata dalam meningkatkan kinerja Kementerian Hukum dan HAM menjadi lebih baik untuk menunjang Program Reformasi Birokarasi di Kementerian Hukum dan HAM.

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bapak Y. Ambeg Paramarta, S.H., M.Si dalam acara pembukaan menyampaikan dukungan beliau atas dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi siMAYA, akan tetapi beliau berpesan agar output kegiatan ini diharapkan dapat diterapkan secara nyata dalam meningkatkan kinerja Kementerian Hukum dan HAM menjadi lebih baik untuk menunjang Program Reformasi Birokarasi di Kementerian Hukum dan HAM.

b. Penyampaian materi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang Tata Kelola Persuratan Elektronik Pada Instansi Pemerintah. Narasumber : S.Juliandry Simanungkalit, Kasi Aplikasi Layanan Kepemerintahan Daerah Kementerian Komunikasi dan Informatika.

IMG_3487

c. Penyampaian materi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang Pengenalan dan Pelatihan Aplikasi SIMAYA untuk ADMIN. Narasumber : Dirgantara Manurung, Pranata Komputer Kementerian Komunikasi dan Informatika.

IMG_3561

IMG_3448

d. Latihan Penggunaan Aplikasi siMAYA untuk Tata Usaha Narasumber : Dirgantara Manurung, Pranata Komputer Kementerian Komunikasi dan Informatika.

IMG_3565

IMG_3645

IMG_3643

e. Diskusi dan tanya jawab

IMG_3521

IMG_3525

f. Penutupan

Kepala Biro Umum, Bapak Djoko Pudjirahardjo menutup kegiatan sosialisasi siMAYA pada tanggal 26 September 2014 di Hotel Sukajadi Bandung Jawa Barat

Kepala Biro Umum, Bapak Djoko Pudjirahardjo menutup kegiatan sosialisasi siMAYA pada tanggal 26 September 2014 di Hotel Sukajadi Bandung Jawa Barat

IMG_3408

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 3 Oktober 2014 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: