Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

bertabur prestasi di Hari Dharma Karyadhika tahun 2013

CsK-Salah satu rangkaian peringatan Hari Dharma Karyadhika Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tahun 2013 adalah pemberian penghargaan kepada putra dan putri terbaik bangsa yang telah memberikan kontribusinya dalam mendukung tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia selama ini. Pemberian penghargaan itu langsung diberikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Bapak Amir Syamsuddin pada saat acara puncak peringatan Hari Dharma Karyadhika di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jakarta. Disamping itu, penghargaan juga diberikan kepada para Kepala Kantor Wilayah yang terpilih sebagai Kantor Wilayah terbaik. Pada kesempatan ini, Menkumham juga memberikan penghargaan kepada para pegawai yang telah bekerja mengabdikan dirinya di Kemenkumham terutama di daerah perbatasan. Inilah profil penerima penghargaan pada acara puncak peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2013, sebagai berikut:

A. Profil Gubernur Kalimantan Timur 

awang faroukDrs. H. Awang Faroek Ishak, M.M, M.Si., bergelar Awang Ngebei Setia Negara (lahir di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, 31 Juli 1948; umur 65 tahun) adalah Gubernur Kalimantan Timur saat ini pada periode 2008-2013, berpasangan dengan Farid Wadjdy. Beliau sebelumnya adalah bupati Kutai Timur pertama sejak pemekaran Kabupaten Kutai berdasarkan UU No. 47 Tahun 1999. Kemudian pada saat maju untuk pencalonan Gubernur Kalimantan Timur, pada tahun 2003, ia mundur dari jabatan Bupati Kutai Timur, digantikan oleh wakil Bupati, Mahyudin. Pada saat Pilkada Kutai Timur tanggal 12 Desember 2005, Awang dipilih oleh rakyat dan kemudian kembali menjabat Bupati sejak pelantikan tanggal 13 Februari 2006 sampai tahun 2011. Tetapi ia mencalonkan kembali menjadi Gubernur Kalimantan Timur pada tahun 2008 dan akhirnya terpilih pada putaran kedua dan dilantik pada 17 Desember 2008. Salah satu kontribusi beliau selama menjabat Gubernur Kaltim adalah  terkait dukungan Pemprov seperti pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (LP) baru di Desa Bayur Samarinda karena tingkat hunian LP dan Rutan yang melebihi kapasitas. (Sumber: http://www.wikipedia.org)

B. Profil Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM sebagai Kantor Wilayah Berprestasi

Kantor Wilayah Jawa Tengah sebagai Kantor Wilayah Terbaik I

Kanwil Jawa TengahKantor Wilayah Jawa Tengah terdiri dari 67 Satuan Kerja dengan jumlah seluruh pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM se Jawa Tengah adalah 3.551 orang pegawai, khusus pada satuan kerja Kantor Wilayah sendiri mempunyai 154 orang pegawai pertanggal 30 Oktober 2013. Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah memiliki tugas, melaksanakan tugas pokok dan fungsi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam wilayah Propinsi berdasarkan kebijakan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia R.I dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku dan memiliki fungsi:

1.Pengkoordinasian, perencanaan, pengendalian program, dan pengawasan;
2.Pembinaan di bidang hukum dan hak asasi manusia;
3.Penegakan hukum di bidang pemasyarakatan, keimigrasian, administrasi hukum umum, dan hak kekayaan intelektual;
4.Perlindungan, pemajuan, pemenuhan, penegakan dan penghormatan hak asasi manusia;
5.Pelayanan hukum;
6.Pengembangan budaya hukum dan pemberian informasi hukum, penyuluhan hukum, dan diseminasi hak asasi manusia;
7.Pelaksanaan kebijakan dan pembinaan teknis di bidang administrasi di lingkungan Kantor  Wilayah.
Berikut ini program aksi yang telah dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah :
1.Penataan Sistem  Manajemen SDM Aparatur
2.Optimalisasi / Transparansi Keterbukaan Informasi Publik / Transparansi Layanan Informasi Publik
3.Pemetaan (Diagnostic Assessment) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kantor Wilayah
4.Penguatan Implementasi Koordinasi Dengan Instansi Terkait (Melibatkan Divisi dan UPT)
5.Dukungan Penataan dan Penguatan Organisasi
6.Penguatan Tatalaksana
7.Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
8.Optimalisasi Pengelolaan PNBP
9.Penetapan UPT dan Divisi Sebagai Unit Percontohan
10.Kegiatan Pembinaan, Promosi Anti Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi
Disamping itu masing-masing divisi juga memiliki program aksi masing-masing di tahun 2013 ini. Kemudian adapula program unggulan Kanwil sebanyak 15 program yaitu:
1.Pengembangan Teknologi Informasi (Ti) Yang Mendukung Efisiensi Birokrasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Dan Penyebarluasan Informasi Keimigrasian pada Kanim Kelas II Pemalang
2.Mengembangkan Reorientasi Kinerja Yang Efektif Dan Kompetitif pada Kanim Kelas II Pemalang
3.Mengembangkan Dan Mengimplementasikan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE), Dan Sistem Perpustakaan Fasilitas Perpustakaan Sejak Juli 2012 Menuju Sistem Kelola Yang Efektif pada Kanwil dan Kanim Kelas II Pemalang
4.Pelaksanaan “Gerakan 1 Orang 1 Data” pada Kanim Kelas II Pemalang
5.Projusticia pada Kanim Kelas II Pemalang
6.Koordinasi Pengawasan Keimigrasian dan Penanggulangan Imigran Ilegal di Wilayah Eks. Karesidenan Pekalongan
7.Dukungan tugas dan fungsi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM lainnya pada Kanim Kelas II Pemalang dan Kanim Kelas II Pati
8.Produksi sepatu SEMAR 1 Kedungpane di LP Kelas I Semarang
9.Produksi kerajinan tangan dari WBP Lapas Klas IIA Wanita Semarang
10.Model Pondok Pesantren Berbasis Tahfidzul Qur’an Dalam Pembinaan Narapidana di LP Kelas II Pekalongan
11.Kegiatan Pembinaan WBP berupa Perikanan di LP Kelas II Pekalongan
12.Kegiatan Pembinaan WBP berupa perikanan, peternakan dan kerajinan tangan pada Rutan Kelas IIB Wonogiri
13.Rapat Koordinasi Kanwil Kemenkumham Jateng Dengan Majelis Pengurus Wilayah (MPW) dan Majelis Pengurus Daerah (MPD) Kabupaten / Kota se Jawa Tengah
14.Terapi Jiwa Dengan Tawa Oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Di Lapas Klas IIA Wanita Semarang
15.Outbond Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Jawa Tengah
(Sumber: diolah dari humas Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah).
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SEBAGAI TERBAIK I LOMBA GERAKAN INDONESIA BERSERRI
berserriInilah kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DI Yogyakarta dan mengantarkannya menjadi Kantor Wilayah terbaik I Lomba Gerakan Indonesia BerSeRRI. Berikut ini profil kegiatannya.
Bertempat di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI mencanangkan Gerakan Indonesia Bersih Sehat, Ramah Lingkungan, Rapi dan Indah  (BerSeRRi). Sebelum pencanangan kegiatan gerakan Indonesia BerSeRRi ini dilaksanakan jalan santai yang diikuti oleh 400 orang peserta dari jajaran UPT Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY.
Anugerah Inovasi Pegawai (AiP) Kemenkumham
Sumber daya manusia sebagai salah satu potensi pembangunan memegang   peranan yang strategis sebagai subjek dan objek pembangunan, sumber daya manusia sebagai  pemikir, perencana, pelaksana, dan sekaligus sasaran pembangunan telah banyak menentukan dalam berjalannya gerak pembangunan. Untuk memotivasi dan mendorong peranserta pegawai Kemenkumham agar lebih kreatif, menghasilkan ide, gagasan, terobosan-terobosan bagi terwujudnya kemajuan pembangunan serta penyelesaian berbagai tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM, sudah selayaknya Kemenkumham memberikan apresiasi penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan pikiran, karya, karsa dan cipta serta dharma bhaktinya berupa menghasilkan karya yang inovatif atau upaya luar biasa yang berguna bagi masyarakat, bangsa, Negara dan Kementerian Hukum dan HAM melalui Anugerah Inovasi Pegawai. Berikut para pemenang yang telah mengikuti lomba Anugerah Inovasi Pegawai:
AIP
Akhirnya tetap semangat, Dirgahayu Kementerianku – Jayalah Indonesiaku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 12 November 2013 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: