Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

kilas balik bulan maret 2012

Penyematan tanda peserta ESQ oleh Kabalitbangham mewakili Menkumham

Penyematan tanda peserta ESQ oleh Kabalitbangham mewakili Menkumham

catatansikaswo.wordpress.com-Edisi liputan peristiwa di Kementerian Hukum dan HAM RI sepanjang tahun 2012 kembali hadir untuk hari ini, CsK akan mengangkat berbagai peristiwa yang terjadi di bulan Maret 2012 antara lain :

  1. Tanggal 5 Maret 2012, Menkumham meresmikan Pusat Pelayanan Hukum Terpadu (Law Center) sekaligus peresmikan Desa dan Kelurahan Sadar Hukum Kanwil Papua. Bertempat di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua. Peresmian ini sekaligus menandai pelaksanaan pembangunan di bidang hukum dan HAM
  2. Tanggal 8 Maret 2012, Kementerian Hukum dan HAM RI menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Motor Penggerak Integritas Kemenkumham Tahun 2012 sebagai wujud nyata Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melawan korupsi. Acara tersebut dihadiri oleh Menkumham, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, Sekjen Kemenkumham dan undangan lainnya.
  3. Tanggal 13 Maret 2012, Rapat Kordinasi Mahkumjakpol yang di selenggarakan di Ruang Rapat Soepomo, Gedung Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Jakarta. Rapat tersebut bertujuan untuk menetapkan Sekretariat Bersama sekaligus menetapkan personil yang akan di tugaskan di sana. Dalam rapat koordinasi itu terjadi kesepahaman bahwa restorative justice haruslah menjadi keadilan bagi rakyat kecil, dan perlunya pertemuan berikutnya bersama Mahkamah Agung untuk membahas mengenai tindak pidana ringan.
  4. Tanggal 20 Maret 2012, Kemenkumham menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Pembentukan Karakter Keteladanan bagi Pejabat Eselon II Unit Pusat dan Kantor Wilayah Kemenkumham yang bekerja sama dengan The ESQ Way 165.
  5. Tanggal 23 Maret 2012, Menkumham, Amir Syamsuddin melakukan kunjungan kerja dengan rute LP Sukamiskin – LP Banjar – Cilacap Jawa Tengah. Tiba di LP Sukamiskin yang bermuatan 419 narapidana ini Menteri mengunjungi kamar tahanan Blok Timur Atas (TA) 01, kamar dimana Presiden RI pertama, Soekarno, pernah diasingkan. Ruangan masih tampak bersih dan rapi dengan funitur antik. Begitu membuka kamar tahanan, akan terlihat tempat tidur tua dengan kasur yang dibalut sprei berwarna putih. Di sisi kiri pintu, tampak rak buku yang juga sudah usang, lengkap dengan buku-buku lama. Tak lama berselang, Menteri menyambangi beberapa lokasi hasil karya cipta warga binaan, diantaranya adalah produksi handuk kecil buatan narapidana. Terlihat ratusan handuk berwarna polos berjejer rapi di atas meja panjang. Sementara handuk-handuk yang sudah disablon dijejer di tiang panjang di atas meja tersebut. Kepala LP menjelaskan, saat ini para warga binaan sudah sangat terampil menyablon, sehingga sudah tidak membutuhkan instruktur lagi. Kemudian ada juga budidaya jamur. Ribuan jamur baik yang sudah bermekaran maupun belum, tampak segar dan tersusun rapi. Jamur-jamur hasil kerja para warga binaan tersebut bahkan sudah dipasarkan baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Untuk memasarkannya, LP bekerjasama dengan PT Srikandi Terbang Subang. Terakhir, jamur yang dipasarkan sebanyak 55 kg. Setelah selesai dari LP Sukamiskin beliau menuju LP Banjar dan untuk selanjutnya menuju Cilacap Jawa Tengah untuk memberikan pengarahan kepada seluruh kepala unit pelaksana teknis dilingkungan Kemenkumham Jawa Tengah.

Akhirnya ini kata Annemarie S. “Dan bahwa setiap pengalaman mestilah dimasukkan ke dalam kehidupan, guna memperkaya kehidupan itu sendiri. Karena tiada kata akhir untuk belajar seperti juga tiada kata akhir untuk kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 21 Desember 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: