Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Sekretaris Jenderal Kemenkumham membuka Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM RI TA 2013

Tanah Abang-20121203-01640Jakarta (CsK)-Semua yang telah dicapai di tahun 2012, mari kita capai lagi di tahun 2013, demikian disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Dr. Bambang Rantam Sariwanto saat membuka dan memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM RI TA 2013 di Royal Kuningan Hotel (3/12/2012). Kegiatan yang diikuti oleh 186 peserta terdiri dari para Kepala Divisi Administrasi, Kepala Bagian P2L Kantor Wilayah dan Unit Utama ini akan berlangsung sampai dengan tanggal 5/12/2012 dengan tujuan untuk menyusun rencana penyerapan anggaran, rencana pengadaan dan kalender kerja serta mensinkronkan kegiatan antar unit, biro dan wilayah” demikian laporan Kepala Biro Perencanaan, Dra. Sri Puguh Budi Utami, M.Si. Disamping itu juga dalam rangka memenuhi amanat Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Setia Budi-20120725-00873Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal menjelaskan “ada 5 (lima) arahan Presiden RI pada saat HUT Korpri ke-41 yang harus diketahui, dipahami dan dilaksanakan oleh segenap jajaran Kementerian Hukum dan HAM yaitu ; Pertama, peningkatan kinerja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dalam menjalankan kebijakan pemerintah, Kedua Presiden meminta  memperkokoh integritas di tengah dinamika politik, Ketiga Presiden menyerukan reformasi birokrasi untuk memantapkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, Keempat, di tengah momentum percepatan pembangunan saat ini, Presidan meminta pelaksanaan tugas dan pengabdian dengan penuh tanggung jawab, Kelima memberikan keteladanan di tengah-tengah masyarakat dengan menciptakan kehidupan yang baik, toleran, dan solidaritas di tengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal juga menyampaikan bahwa Kementerian Hukum dan HAM RI meraih Juara II dalam program penghematan energi tingkat nasional. Sebagai warga pengayoman tentu ini juga sangat membanggakan karena dengan kondisi sumber daya energi nasional saat ini, Kementerian Hukum dan HAM dapat menjadi pelopor dalam penghematan energi. Ini merupakan wujud nyata dari Kementerian Hukum dan HAM RI untuk selalu berhemat dengan segala sumber daya yang ada terutama dalam hal penggunaan tenaga listrik yang tidak perlu, dan lain-lain.

Sekretaris Jenderal dalam arahannya memberikan langkah-langkah dalam menghadapi tahun anggaran 2013 yaitu :

  1. Setiap satuan kerja memunculkan kegiatan unggulan yang telah dianggarkan dalam RKAKL
  2. Tetapkan skala prioritas kegiatan
  3. Kegiatan harus mendapatkan hasil yang sesuai dengan indikator kinerja
  4. Sinkronisasi kegiatan antar unit
  5. Menyiapkan data pendukung untuk kegiatan yang diblokir dan menyiapkan kegiatan baru terkait output cadangan.
  6. Susun rencana penyerapan anggaran, rencana pengadaan dan kalender kerja.

Itu semua dalam rangka mewujudkan organisasi yang sukses yaitu organisasi yang memiliki budaya kerja, mutu yang baik, profesional dan pelayanan publik yang baik. Akhirnya, mengutip kata bijak hari ini dari Jawaharal Nehru, 1889-1964, Mantan PM India beliau mengatakan : “Waktu tidak diukur dengan berlalunya tahun, tetapi oleh apa yang dilakukan, apa yang dirasakan, dan apa yang dicapai oleh seseorang”

Semoga bermanfaat, Jazakumullah Khairan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 4 Desember 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: