Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Penyusunan Petunjuk Teknis Mekanisme dan Pengaksesan Arsip Dinamis dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bogor, 22 Oktober 2012 (CsK)-Bertempat di Hotel Bukit Indah (HBI) Puncak Bogor Jawa Barat, Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan kegiatan penyusunan petunjuk teknis mekanisme dan pengaksesan arsip dinamis. Acara yang diselenggarakan dari tanggal 22 Oktober s/d 25 Oktober 2012 ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Biro, Pusjianbang dan unit eselon I dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM dengan narasumber pejabat dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Pelaksana Tugas Kepala Biro Umum, Bapak Drs. Tjipto Rahardjo, SH, M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa Arsip walau sebuah kata yang sangat sederhana/pendek tetapi memiliki makna yang luar biasa strategis dan sangat penting bagi kehidupan berorganisasi, berbangsa dan bernegara. Dengan arsip maka kehidupan pada masa lalu hingga kinipun dapat diketahui oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia hingga kini. Karenanya lebih lanjut Plt. Kepala Biro Umum yang juga Kepala Biro Perlengkapan Kementerian Hukum dan HAM ini mengatakan “Karenanya jangan pernah kita menganggap ringan terhadap satu kata (arsip) yang sangat simple tadi”.

Di era teknologi dan sistem digital sekarang ini, diharapkan kearsipanpun dapat dikelola dengan memanfaatkan teknologi yang ada sehingga akan lebih mempermudah para pencipta arsip dalam mencari dokumen/arsip yang dibutuhkan dan untuk keperluan ini, Biro Umum Kementerian Hukum dan HAM telah membangun Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM sejak bulan Juli 2012.

Dengan telah dibangunnya sistem tersebut, maka kegiatan yang diselenggarakan selama 4 hari tersebut diharapkan dapat tersusun suatu Petunjuk Teknis Mekanisme dan Pengaksesan Arsip Dinamis yang nantinya berguna bagi para pejabat/pengelola arsip di unit pengolah maupun unit kearsipan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Akhirnya, mengutip kata bijak hari ini dari Mario Teguh : Betapa ringan langkah kita jika diawali doa dan senyuman karena itu menggambarkan ketulusan hati yang kuat dalam menghadapi banyak hal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 23 Oktober 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: