Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Mengenang Bapak Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Ismail Saleh, SH

Jakarta (CsK)-Pada bulan Oktober ini, Kementerian Hukum dan HAM RI akan memperingati hari jadinya yang ke-67 tepatnya pada tanggal 30 Oktober 2012. Sebagai generasi muda, saya ingin mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk mengenang kembali salah satu putera terbaik bangsa yang pernah menduduki jabatan Menteri Hukum dan HAM RI (dh Menteri Kehakiman RI) pada periode 1983 s/d 1993, mengenang jasa-jasa beliau untuk kemudian dapat meneladani sifat-sifat keteladanan yang pernah diajarkan semasa hidupnya. Beliau adalah Almarhum Bapak Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Ismail Saleh, SH.

Sebagai generasi masa kini di Kementerian Hukum dan HAM RI, saya sering mendengar cerita dari para senior tentang Bapak Letnan Jenderal TNI Purn) H. Ismail Saleh, SH. selama menjabat sebagai Menteri Kehakiman pada waktu itu, beliau sering melakukan inspeksi mendadak (sidak) yang kemudian membawa dampak positif bagi perbaikan kinerja. Pak Ismail Saleh tiba-tiba datang ke ruang arsip hanya untuk memastikan apakah arsip sudah tertata dengan baik dan rapi. Kejadian itu bagi yang bersangkutan seperti mendapatkan penghargaan yang sebesar-besarnya karena biasanya ruangan arsip di kantor-kantor pemerintah tidak pernah didatangi atasan, akan tetapi kali ini didatangi seorang Menteri. Kejadian yang langka seperti ini mungkin belum pernah terjadi, seolah-olah pertanda mimpi baik bagi petugas kearsipan. Tentunya dengan adanya sidak tersebut menjadikan penyemangat untuk menata kerapihan dan kebersihan ruang arsip. Itu salah satu contoh suri tauladan beliau bagi para pemimpin masa kini.

Menurut berbagai sumber, sewaktu beliau menjabat sebagai Jaksa Agung RI beliau sering disebut trio pendekar hukum bersama Bapak Mudjono, SH dan Bapak H. Ali Said. Sewaktu menjabat sebagai Jaksa Agung RI, beliau pernah membongkar berbagai penyimpangan seperti kasus manipulasi pajak oleh sejumlah perusahaan asing, kasus Tampomas, dan penggelapan uang reboisasi di Sulawesi Tengah.

Saya pernah bertemu beliau sewaktu tahun 1996 di Kota Cirebon, saat itu saya baru saja lulus SMU dan baru datang dari Purwokerto. Bertemu walau sekitar setengah jam tapi bagi saya memberikan kesan luar biasa, dalam hati “Oooo ini yang namanya Bapak Ismail Saleh” walau sepintas namun kesan yang dapat saya tangkap beliau adalah sosok yang berkarakter kuat dan berwibawa. Kejadian tahun 1996 itu pada saat ada event pameran bonsai dan suiseki yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Penggemar Bonsai dan Suiseki Indonesia (PPBSI). Dari situlah saya jadi tahu, bahwa beliau adalah penggemar berat tanaman bonsai dan suiseki. Suiseki ini adalah batu bernilai seni tinggi dari jepang atau dalam bahasa kita, bahasa Indonesia, Suiseki artinya sui = air dan seki = batu.

Telah banyak hal yang beliau tinggalkan untuk generasi saat ini, salah satunya adalah bangunan gedung eks. Sentra Mulia yang berdiri megah saat ini yang  menunjang penyelenggaraan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM.

Pada tanggal 21 Oktober 2008 dalam usia 82 tahun, Bapak Letjen TNI (Purn) H. Ismail Saleh, SH wafat, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ke-18 itu telah pergi meninggalkan kita semua. Namun jasa-jasanya untuk bangsa dan negara tidak akan pernah dilupakan, sebagai warga pengayoman dan warga negara Indonesia pantas sekiranya pemerintah Republik Indonesia dapat menetapkan beliau sebagai Pahlawan Nasional dan namanya juga diabadikan di Kementerian Hukum dan HAM RI seperti halnya Bapak Prof. Mr. Soepomo dan Bapak Sahardjo. Akhirnya, selamat merayakan Hari Dharma Karyadhika tahun 2012. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”  Mengutip kata bijak dari Norman Cousins, beliau mengatakan : “Kematian bukanlah merupakan kehilangan terbesar dalam kehidupan. Kehilangan terbesar adalah apa yang mati dalam diri kita sementara kita hidup” Nah loh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 14 Oktober 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: