Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

ketika qurban tidak berupa kambing

Jakarta (CsK)-Tentu anda akan bertanya, qurban seperti apakah yang dilakukan umat manusia kalau bukan berupa hewan sembelihan seperti domba atau kambing. Ketika anda dengan ikhlas pada hari libur menemani anak dan isteri, sejatinya anda sedang berqurban. Ketika anda pagi-pagi berangkat untuk bekerja mencari nafkah untuk keluarga, sejatinya anda sedang berqurban. Ketika anda pulang malam karena anda harus lembur karena suatu pekerjaan, sejatinya anda juga sedang berqurban. Ketika anda dengan segenap jiwa dan raga membela kehormatan keluarga, agama, bangsa dan negara dengan nyawa sebagai taruhannya, sejatinya anda juga sedang berqurban.

Saudaraku,

Sesungguhnya itulah hakikat dari qurban itu sendiri yang diajarkan ribuan tahun yang lalu yang mengajarkan keikhlasan dalam menjalankan pengabdian, tugas, dan perjuangan tanpa mengharapkan balasan dan pujian serta keuntungan materi yang menjadikan nilai kesalehan menjadi sia-sia. Makna atau hakikat itulah yang saat ini jarang terjadi pada bangsa ini, masing-masing sibuk untuk dirinya sendiri, golongannya sendiri demi kepentingan sendiri dan golongannya.

Penyembelihan hewan qurban merupakan suri tauladan dari Nabi Ibrahim AS saat diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengurbankan Nabi Ismail AS puteranya yang terkasih. Pengorbanan yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS ini merupakan simbol dari penyembelihan watak buruk yang ada pada manusia seperti; rakus, serakah, zalim, penindas, korup dan lain sebagainya. Marilah dengan semangat berqurban dan Idhul Adha 1433 Hijriyah kita sembelih watak korup, rakus, zalim dan lainnya.

Selamat berqurban! Jazzakumullah khoiron.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 12 Oktober 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: