Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

menata ruang kerja kantor

Hampir dari setengah hidup kita ini adalah bekerja di kantor. Di kantorlah tempat mencurahkan ide dan mengerjakan tugas-tugas, sudah sepatutnya ruang kerja kantor harus mendapatkan perhatian dan penataan khusus agar meningkatkan produktifitas kerja kita. Dengan tempat kerja yang rapi dan tertata rapi pasti membuat pemakainya lebih nyaman dan bersemangat untuk mengerjakan tugasnya. Hal ini sangat jelas mengingat di tempat kerja kantorlah kita menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor. Karenanya pasti kita ingin menata tempat kerja senyaman mungkin agar kita kerasan dan nyaman dalam bekerja. Lalu, apa saja tips untuk menata tempat kerja kantor agar mendapatkan produktifitas kerja yang lebih baik?

a. Ruang Ibadah.

Sebagai muslim, maka yang pertama kali harus disiapkan adalah tempat beribadah kepada Alloh SWT tempat dimana seorang hamba bersujud kepada Sang Khalik. Mengingat tempat ini adalah tempat ibadah maka harus bersih, rapih dan wangi. Untuk menatanya, anda perlu ruang 1,5 meter x 2 meter atau cukup disekat dengan lemari arsip yang ada di kantor anda.

b. Meja Kerja

Meja kerja yang bersih, rapi dan tidak ada tumpukan berkas memperindah ruangan. Untuk itu, berkas hari ini harus selesai pada hari ini juga, sehingga tidak ada berkas menumpuk. Hindari makan di meja kerja. Banyak orang yang tidak sadar jika makan atau mengemil di meja kerja membuat ruangan kerja mereka lebih cepat kotor dan berantakan. Jika memang kita terpaksa makan di Meja Kerja Kantor, alasilah meja kita dengan serbet agar meja tetap bersih dan rapi setelah kita makan. Cara tersebut juga efektif unutk menghemat waktu untuk membersihkan sisa makanan yang mungkin tercecer saat kita makan. Jangan lupa sediakan tempat sampah disekitar meja kita.

c. Ruang Tunggu dan Ruang Tamu

Ruang tunggu yang nyaman diperlukan guna memberi kenyamanan bagi para tamu. Ketika bapak dan ibu berkunjung atau bertamu sejatinya bapak dan ibu adalah raja yang harus diperlakukan dengan baik. Untuk itu kenyamanan bapak dan ibu ketika bertamu tidak terlepas dari ruang tunggu dan ruang tamu. Bayangkan kalau ruang tunggu dan ruang tamu yang anda tempati tidak tertata dengan rapih tentu akan membuat tamu-tamu bapak dan ibu tidak nyaman. Disini diperlukan sentuhan-sentuhan halus yang memberi kesan indah, maka sepantasnya diatas meja ditempatkan bunga-bunga kecil yang indah mempesona. Ditempatkan pula sedikit kue-kue kering didalam toples

d. Ruang Rapat

Bekerja di perkantoran tidak dapat terlepas dari kegiatan rapat. Baik rapat dengan pimpinan maupun rapat staf, hal ini penting untuk mendiskusikan dan mencari solusi-solusi dalam rangka perbaikan dan peningkatan kinerja oganisasi. Guna mendukung kegiatan rapat yang tenang dan nyaman maka diperlukan ruang rapat yang rapih dan bersih layaknya ruang rapat, ada meja dan kursi peserta rapat serta papan untuk menulis atau berfungsi sebagai layar pada saat presentasi.

e. Lemari Arsip

Arsip sebagaimana kita ketahui adalah koleksi penyimpanan catatan dan data-data, dan juga merujuk kepada tempat di mana catatan dan data-data ini disimpan. Sebuah arsip mirip dengan perpustakaan. Perbedaannya ialah bahwa sebuah arsip tidak selalu bebas dikunjungi siapa saja, kecuali Arsip Negara. Perkantoran dimanapun berada pasti akan memiliki data arsip, karenanya agar arsip dapat dengan mudah dicari dan terlihat indah tidak dapat terlepas dari penataan arsip itu sendiri. Anda harus rajin membuat judul dari dokumen (arsip) yang akan disimpan, sehingga akan mempermudah bagi siapa saja untuk mencari dokumen yang dibutuhkan.

f. Layar Informasi

Aktivitas perkantoran tidak dapat terlepas dari interaksi dan komunikasi dengan berbagai pihak karenanya perkantoran yang baik wajib menyediakan layar informasi yang menyampaikan profil kantor, layanan maupun produk dan perkembangan terkini pada kantor tersebut.

Pesan dari om bijak : Apa yang anda lakukan hari ini, merupakan kunci kebaikan ataupun juga kehancuran hari esok anda. Lakukanlah yang terbaik untuk hari ini.

2 comments on “menata ruang kerja kantor

  1. bapak fauzul
    22 Desember 2013

    thaks , infonya , sangat bermanfaat,,,,,,,,,,,,,,,, salam kenal,

    • kaswo
      27 Desember 2013

      Salam kenal juga pak fauzul, terimakasih telah mengunjungi blog saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 26 Juli 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: