Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Pidato Rasululloh SAW menyambut bulan suci ramadhan

Alhamdulilahirabbil alamin, kita wajib bersyukur kehadirat Alloh SWT atas rahmat dan karuniaNya kita dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh berkah, penuh rahmat, maghfirah dan itqumminannar yaitu bulan Suci Ramadhan 1433 Hijriyah.

Alloh SWT berfirman didalam Quran Surah Albaqarah ayat 183 :

(hai..orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa)

Alloh SWT memanggil orang-orang yang beriman untuk berpuasa. Alloh SWT tidak memanggil Yaa Ayyuhannas (Hai Manusia) tetapi Yaa Ayyuhalladziina amanuu (Hai orang-orang yang beriman) karena Alloh Maha Tahu bahwa tidak semua manusia (annas) ini beriman. Jadi berbahagialah bapak dan ibu yang dipanggil oleh Alloh dan menjalankan perintah berpuasa karena termasuk orang-orang yang beriman. aamiin.

Diriwayatkan dalam Sahih Ibnu Khuzaimah bahwa Rasulullah SAW berpidato di malam menjelang Ramadhan, sebagai berikut:

“Wahai manusia! Kini telah dekat kepada kalian satu bulan agung, bulan yang sarat dengan berkah. Juga, bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik ketimbang seribu bulan. Inilah bulan yang Allah telah menetapkan puasa pada siang harinya sebagai kewajiban dan shalat tarawih di malam harinya sebagai shalat sunnah. Siapa saja ingin mendekatkan diri kepada Allah di bulan ini dengan suatu amal sunnah, maka pahalanya seolah dia mengamalkan amal wajib pada bulan lain. Dan, siapa saja melakukan amal wajib di bulan ini, dia akan dibalas dengan pahala seolah telah mengamalkan tujuh puluh amal wajib pada bulan lain.

Inilah bulan kesabaran dan imbalan atas kesabaran adalah surga. Inilah bulan simpati terhadap sesama. Pada bulan inilah rezeki orang-orang yang beriman ditingkatkan. Barang siapa memberi makan (untuk berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapatkan balasan ampunan atas dosa-dosanya dan pembebasan dari Neraka Jahannam. Selain itu, ia juga memperoleh ganjaran yang sama sebagaimana ganjaran yang dikaruniakan atas orang yang berpuasa tersebut; tanpa sedikit pun mengurangi pahala yang orang yang berpuasa itu!”

Kemudian Nabi SAW berhenti berpidato. dan tiba-tiba seseorang di antara mereka mengeluh kepada beliau, “Wahai Rasul! Tidak semua di antara kami memiliki sesuatu yang bisa diberikan kepada orang yang sedang berpuasa untuk berbuka!”

Rasulullah saw menjawab :

“Allah akan mengaruniakan balasan ini kepada seseorang yang memberi buka walau hanya dengan sebiji kurma, atau seteguk air, atau seisap susu. Inilah bulan yang pada sepuluh pertamanya Allah menurunkan rahmat, sepuluh hari pertengahannya Allah memberikan ampunan, dan sepuluh hari yang terakhir Allah membebaskan hamba-hamba-Nya dari neraka Jahannam. Siapa saja yang meringankan beban hamba sahayanya pada bulan ini, Allah Swt. akan mengampuninya dan membebaskannya dari neraka.

Perbanyaklah di bulan ini dengan empat hal. Dua hal bisa mendatangkan keridhaan Tuhan kalian, dan yang dua lagi kalian pasti memerlukannya. Dua hal yang mendatangkan keridhaan Allah ialah hendaknya kalian mengucapkan syahadat (persaksian bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Utusan Allah) dan istighfâr (permohonan ampun kepada-Nya) sebanyak-banyaknya. Sedangkan dua hal yang kalian pasti memerlukannya ialah hendaknya kalian memohon kepada-Nya untuk masuk surga dan berlindung kepadanya dari neraka Jahannam. Dan, barang siapa memberi minum kepada orang yang berpuasa (untuk berbuka), Allah akan memberinya minuman dari telagaku yang dengan sekali teguk saja ia tak kan pernah kehausan lagi hingga ia memasuki surga!”

Jazakumulloh khairan katsiro. semoga bermanfaat. Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT

Pesanku :

Jauh di mata dekat di hati,
Jatuh cinta jangan dihindari.
Entah bulan biasa maupun bulan suci,
Jangan lakukan tindak korupsi

10 comments on “Pidato Rasululloh SAW menyambut bulan suci ramadhan

  1. assalamu alaikum bpk…
    dengan tidak mrngurangi rasa hormat, saya mau menanya kan sumber dari tulisan bapak ini , dan sedikit biografi bapak , saya perlu karna saya tertarik dengan pidato di atas untuk menyampaikannya ke kalayak ramai.

    • kaswo
      14 Juni 2013

      Waalaikumsalam Pak Syabril Loebis, baik pak itu kami mengutip pada dari ustad yang menyampaikan ceramahnya di masjid tempat kami tinggal bapak, saya lupa nama ustadnya pak. Kemudian nama saya Kaswo pak loebis, salam kenal dan salam hormat saya. Trimaksh atas kunjungan bapak di blog ini
      Wassalamualaikum

  2. muarif albar
    6 Juli 2013

    1000 jempol buat bpk

    • kaswo
      8 Juli 2013

      Terimakasih pak muarifalbar – salam kenal ya pak

  3. sulaiman
    4 Juni 2014

    asalammualaikum<<<< seya senang degan brpidato pak
    salam hormat dan kenal ya bapak
    pamit bapak

    • kaswo
      10 Juni 2014

      Terima kasih salam kenal kembali pak sulaiman

  4. hadi tn
    3 Juni 2015

    Salam kenal pak,

  5. Tuti S.
    17 Mei 2016

    assalamu alaikum, pak kaswo saya mohon ijin tulisan tentang pidato Rosululloh saya kutip dalam tulisan saya sebagai referensi. dan saya cantumkan juga nama bapak. boleh kan?

    • kaswo
      24 Mei 2016

      waalaikumsalam….terima kasih sudah membaca tulisannya monggo silahkan…semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 20 Juli 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: