Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Marhaban Yaa Ramadhan, Selamat Datang Bulan Penuh Berkah

Insya Alloh, Umat Islam akan kembali menjalankan ibadah puasa Ramadan tahun 1433 Hijriyah atau 2012 Miladiyah yang Insya Alloh akan jatuh pada tanggal 19 Juli 2012. Sebagaimana kita ketahui, Bulan Ramadan adalah bulan yang oleh Allah subhanahu wata’ala dihimpun di dalamnya rahmah (kasih sayang), maghfirah (ampunan), dan itqun minan naar(terselamatkan dari api neraka). Bulan Ramadan juga disebut dengan “shahrul Qur’an”, dimana di bulan ini telah diturunkannya al-Qur’an yang merupakan lentera hidayah ketuhanan yang sangat dibutuhkan umat manusia dalam membedakan mana yang baik (al-haq) dan mana yang buruk (al-batil) serta mana jalan yang benar dan mana jalan yang sesat.

Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Allah SWT mengistemewakan bulan Ramadan di atas bulan-bulan lainnya dengan menurunkan Al-Qur’an di dalamnya. Kitab-kitab suci yang diturunkan kepada nabi-nabi terdahulu juga diturunkan pada bulan Ramadan. Kitab nabi Ibrahim (suhuf) diturunkan pada malam pertama bulan Ramadan, kitab Zabur diturunkan kepada nabi Dawud pada malam kedua belas bulan Ramadan, kitab Taurat diturunkan kepada nabi Musa pada malam keenam bulan Ramadan dan kitab Injil kepada nabi Isa diturunkan pada malam ketiga belas bulan Ramadan. Kitab-kitab tersebut merupakan petunjuk bagi umat manusia ke jalan yang benar dan penyelamat dari jalan yang sesat. Maka bulan Ramadan dalam sejarahnya merupakan bulan dimulainya gerakan membasmi kemusyrikan di muka bumi, menghancurkan kekufuran, menepis kedengkian, melawan kebatilan dan kemungkaran, hawa nafsu serta kesombongan.

Di Bulan Ramadan, kita umat islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Perintah puasa difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183 yang merupakan salah satu dari lima Rukun Islam yang berbunyi :

َيَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga diberikan kekuatan lahir dan batin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 9 Juli 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: