Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Tempat makan enak di Kota Surabaya (sambal & udang Bu Rudy)

Jika anda jalan-jalan ke Kota Surabaya, Jawa Timur jangan lupa mampir di Sambal Bu Rudy. Sambal Bu Rudy ini menurut cerita sangat terkenal akan kelezatan dari “sambalnya”. Siapa sih yang belum kenal Bu Rudy? Menurut cerita dari teman-teman di Kota Surabaya, beliau itu orang Madiun yang punya nama besar di Surabaya sejak berjualan paket nasi murah-meriah dengan sambal bawang putih yang nylekit pedasnya. Ada yang bilang, setelah makan sambal Bu Rudy, rasanya seperti habis ditempeleng. Langsung mati rasa setelah tersentuh sambal pedas ini. Herannya, justru sambal itulah yang selalu dicari orang. Karena penasaran, akhirnya saya mencoba juga, dan …………………………ternyata wuih maknyooos mengutip istilah Pak Bondan.

Anda juga bisa mencoba makan disini berupa nasi udang dengan lauk udang goreng renyah, plus kremesan sisa menggoreng udang, dan sambal. Udangnya adalah udang laut berukuran kecil yang di-dust dengan tepung kering dan digoreng garing. Renyahnya bukan main. Saya bahkan sering makan udang goreng itu sebagai camilan. Untuk sambal ini saya pesan 1 (satu) lusin dan untuk udang goreng saya beli 1 dust kecil.

Menjelang makan siang banyak orang yang datang untuk sekedar makan berupa nasi udang empal, dengan menambahkan sepotong empal gurih empuk. Paket ini sekarang dijual dengan harega Rp 14 ribu. Bila ditambah telur (matasapi atau balado), tinggal tambah bayar Rp 2 ribu. Tidak heran bila “warung”-nya Bu Rudy ini selalu penuh pada saat makan siang. Pegawai kantor dengan gaji pas-pasan pun dapat makan di sini dengan nyaman. Ada juga nasi pecel empal (Rp 14 ribu). Pecelnya juga sedep, khas Madiun, lengkap dengan petai cina dan daun kemangi. Sambalnya diuleg kasar, sehingga terasa elemen-elemen bumbunya di lidah.

Hampir semua paket nasi Bu Rudy dijual dalam kisaran harga Rp 14-18 ribu. Hanya paket iga penyet dan kakap penyet saja yang harganya di atas Rp 20 ribu. Berbagai lauk yang dapat di-mix-and-match di depot ini antara lain adalah: ayam bumbu bali, ayam bumbu rujak, kare ayam, dan lain-lain.

Selain ramainya orang yang makan di tempat, setiap hari ratusan nasi bungkus dan nasi dus mengalir keluar dari dapur Bu Rudy. Para pengunjung yang datang pun dimanjakan dengan berbagai jajanan dan kue basah yang dijajakan beberapa penjual di bagian depan depot.

Selamat mencoba, jazakumulloh khoiron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 24 Juni 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: