Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

Akhirnya kerja keras tanpa mengenal lelah dari segenap jajaran Kementerian Hukum dan HAM RI membuahkan hasil, tepat pada hari Jumat tanggal 15 Juni 2012 bertempat di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan RI. Pada hari itu, Kemenkumham untuk ketiga kalinya meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2011.

Hasil laporan pemeriksaan BPK tersebut diserahkan oleh Anggota I BPK RI Bapak Moermahadi Soerja Djanegara kepada Menkumham Bapak Amir Syamsudin dengan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bapak Dr. Bambang Rantam Sariwanto beserta pejabat eselon satu lainnya. BPK mencatat bahwa pada tahun 2009 dan 2010 Laporan Keuangan Kemenkumham mendapat predikat WTP Dengan Paragraf Penjelasan (WTP-DPP), setelah pada tahun-tahun sebelumnya tidak mendapatkan opini (disclaimer).

Atas upaya perbaikan yang dilakukan secara terus menerus oleh Kemenkumham, maka Laporan Keuangan Kemenkumham pada tahun 2011 dapat lebih diandalkan, sehingga pada tahun 2012 ini BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian. “Dengan opini tersebut, BPK menilai bahwa Laporan Keuangan Kemenkumham pada 2011 telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan Kemenkumham pada 31 Desember 2011 dan realisasi anggaran untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan,”katanya.

Menkumham, Bapak Amir Syamsudin menyatakan bahwa hasil audit keuangan Kemenkumham dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian sangat membahagiakan seluruh jajarannya. “Sebab, sebelumnya kami berada dalam penilian wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelasan,” katanya. Menkumham juga menyatakan bahwa bukan pekerjaaan yang mudah untuk mengelola anggaran yang tersebar di 757 satuan kerja dengan bidang tugas yang cukup variatif mencakup 12 program kerja. “Kami menyadari bahwa masih terdapat beberapa kelemahan dalam pengelolaan keuangan. Namun melalui rekomendasi BPK akan kami tindaklanjuti dengan melaksanakan program aksi yang ditetapkan dan disepekati oleh seluruh jajaran terkait,” kata Menkumham.

Akhirnya mengutip Kata Bijak dari JRR. Tolkien, penulis novel The Lord of the Rings beliau pernah mengatakan : “Suatu pekerjaan yang paling tak kunjung bisa diselesaikan adalah pekerjaan yang tak kunjung pernah dimulai”

Karenanya tetap semangat, tetap berkarya dan tetap berinovasi untuk indonesia yang lebih baik.

Salam, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 17 Juni 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: