Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Peran Serta Kementerian Hukum dan HAM dalam Penghematan Energi

Dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia pada Pidato tanggal 29 Mei 2012 di Istana Negara tentang gerakan nasional penghematan energi serta peningkatan pendapatan negara dan optimasi anggaran, maka Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia telah turut serta berperan aktif dalam menyukseskan gerakan penghematan energi. Hal tersebut diwujudkan dengan langkah nyata melalui instruksi langsung Pimpinan Kementerian agar dalam pelaksanaan aktivitas kerja dapat mengurangi jumlah penggunaan energi, seperti; mengurangi penggunaan lampu-lampu pada ruangan, mematikan alat-alat elektronik pendukung kerja setelah berakhirnya jam kerja, tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bagi kendaraan dinas operasional.

Pengurangan jumlah penggunaan energi ini sebagai upaya untuk melakukan penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi, sehingga dapat menyebabkan berkurangnya pembiayaan dan meningkatnya efisiensi dan keuntungan.

Kebijakan energi melalui Penghematan energi yang diambil oleh pemerintah sudah sangat tepat guna menurunkan konsumsi energi dan permintaan energi perkapita, sehingga dapat menutup meningkatnya kebutuhan energi akibat pertumbuhan populasi. Dengan demikian dapat mengurangi naiknya biaya energi seperti yang pernah diwacanakan oleh pemerintah pada bulan April 2012. Disamping itu, pengurangan penggunaan emisi, penghematan energi merupakan bagian penting dari mencegah atau mengurangi perubahan iklim yang disebabkan oleh asam nitrat yaitu gas-gas polutif yang terakumulasi di udara.

Ayo selalu optimis untuk Indonesia yang lebih baik. Terus berjuang, terus berkarya jadikan diri sebagai bagian dari perubahan.

Jazakumulloh khoiron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 6 Juni 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: