Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Masjid Husnul Khotimah Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia

Masjid Husnul Khotimah Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dibangun pada masa Kementerian Hukum dan HAM RI pada waktu itu bernama Departemen Kehakiman. Masjid yang telah berdiri sejak 30 Oktober 1990 dibangun pada masa kepemimpinan Bapak Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Ismail Saleh, SH. Melihat bangunan lama Masjid Husnul Khotimah waktu itu yang bernuansa atap joglo adalah corak masjid yang dibangun atas bantuan Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila. Seiring perkembangan jaman dan bertambahnya jamaah Masjid Husnul Khotimah sehingga perlu dilakukan renovasi total terhadap bangunan lama Masjid Husnul Khotimah. Maka atas inisiatif Bapak Patrialis Akbar, Menteri Hukum dan HAM pada waktu itu, tanggal 28 April 2011 dilakukan peletakan batu pertama dalam acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Husnul Khatimah Kemenkumham di Jl HR Rasuna Said Kav. 4, Kuningan, Jakarta Selatan.  Acara tersebut dihadiri oleh sebagian besar pejabat Eselon I Kementerian Hukum dan HAM RI.

Diambilnya nama “Husnul Khotimah” mengingatkan kepada kita akan permohonan dan doa kita kepada Allah SWT agar kita semua di akhir kehidupan ini diberikan husnul khotimah. Kehidupan yang lebih baik. Sebaik-baik umur adalah yang dipanjangkan umur tetapi penuh dengan taat kepada Allah dan amal saleh. Seburuk-buruk umur adalah yang panjang umurnya tetapi penuh dengan dosa dan maksiyat kepada Allah. Orang yang akan selamat di alam akhirat adalah yang selamat di alam kubur. Orang yang selamat di alam kubur adalah orang yang selamat ketika di akhir hidupnya. Akhir hidup yang baik sulit didapat jika kita sehari-harinya tidak taat kepada Allah dan taat kepada Rasul. Oleh karena itu, supaya akhir hidup kita menjadi baik (husnul-khatimah) maka mulai sekarang kita harus menjadi orang yang taat kepada Allah, taat kepada Rasul dan selalu beramal saleh. Orang yang doanya akan dimakbul oleh Allah adalah mereka yang beriman, taat, mengamalkan sunnah Rasul, banyak beramal saleh, banyak berjasa kepada orang lain dan menjauhi dosa dan maksiyat kepada Allah.

Dalam sambutannya, Patrialis menceritakan tentang Ibunya yang berpesan untuk tinggal berdekatan dengan masjid, bila tidak ada masjid di sekitar kita maka bangunkanlah masjid. “Membangun masjid bukan berarti kita harus menanggung seluruh beban biayanya, Membangun masjid bisa pula dengan menjadi inisiator, panitia, ataupun menyumbang sebagian harta kita. Dengan begitu kita juga turut membangun masjid,” urai Menkumham.  Patrialis juga menambahkan pentingnya umat Islam untuk cinta kepada masjid. Dengan cinta kepada Masjid, diharapkan nanti akan mendapat syafaat (pengampunan) di Hari Kiamat. Cinta kepada masjid ini dapat diwujudkan dengan cara bermacam-macam. “Membersihkan masjid juga merupakan salah satu bentuk kecintaan kepada masjid, apalagi jika membangun masjid,” tutur Menkumham.

Pembangunan masjid yang direncanakan akan menghabiskan biaya sebesar 4,580 miliar rupiah ini diharapkan akan selesai dalam waktu 10 bulan. “Pembangunan masjid ini murni merupakan sumbangan dari para pejabat dan pegawai Kementerian Hukum dan HAM, tidak menggunakan dana APBN sama sekali,” tambah Menkumham.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Husnul Khatimah yang juga Direktur Jenderal Peraturan dan Perundang-undangan (Dirjen PP) Wahiduddin Adams, dalam sambutannya sebagai Ketua Panitia Pembangunan dan Renovasi Masjid, mengatakan bahwa seluruh pejabat struktural Eselon I dan II Kementerian Hukum dan HAM terlibat dalam kepanitiaan pembangunan masjid.

Tepat hampir satu tahun Masjid Husnul Khotimah Kementerian Hukum dan HAM RI direnovasi, maka pada hari ini Jumat, tanggal 25 Mei 2012 bertempat di Masjid Husnul Khotimah Kementerian Hukum dan HAM diresmikan penggunaannya kembali oleh Menteri Hukum dan HAM RI Bapak Amir Syamsuddin yang disaksikan oleh seluruh Para Peserta Rakernas dan pegawai Kemenkumham.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 31 Mei 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: