Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

sedikit tips bagi yang akan menunaikan ibadah umroh/haji.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Ibadah Umrah (bahasa Arab: عمرة) merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Ibadah ini mirip dengan ibadah haji pada umumnya, yaitu dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah Almukarromah, khususnya di Masjidil Haram. Secara syari’ah, Umrah berarti melaksanakan Tawaf di Ka’bah dan Sa’i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai pakaian ihram yang diambil dari Miqat. Orang sering menyebut ibadah umroh ini dengan sebutan haji kecil.

Adapun perbedaan daripada umrah dengan haji adalah pada waktu dan tempatnya. Untuk ibadah Umrah dapat dilaksanakan sewaktu-waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan hanya di Mekkah, sedangkan ibadah haji hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah serta dilaksanakan sampai ke luar kota Mekkah (melempar jumrah, wukuf)

Mengingat kondisi budaya, alam, geografi dan cuaca yang berbeda dengan di Indonesia, maka setiap kita hendaknya mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Untuk itu perlu kesiapan jasmani dan rohani dalam menjalankan ibadah tersebut. Diawali dari kita mulai mendarat, begitu mendarat di bandara internasional di Jeddah atau Medinah, mulailah bersiap-siap dengan situasi chaos. Enggak tahu kenapa, sudah bertahun-tahun mengurusi penumpang haji/umroh, tapi bandara ini belum juga bisa memberikan pelayanan dengan baik. Kalau sudah begini, hanya bisa berdoa saja deh semoga segala urusan berlangsung dengan mudah. Harap sabar Anda mengantri, Innolloha Mangasshobiriin.

Satu hal yang mungkin susah buat lidah orang Indonesia dalam hal makan. Hmm saya kasih gambaran wisata kuliner aja deh, karena makanan di Hotel lebih banyak rasa Timur Tengah, aroma dimana rempah-rempah lebih dominan.  Untuk harga makanan di arab tidaklah terlalu mahal. Untuk 4 potong ayam plus kentang dan satu roti burger sekitar SR 10. Anda juga bisa untuk mencoba makanan di al-baik. Ini fastfood yang paling enak aku temui di tanah suci. Dengan komposisi sebegitu banyak, rasanya bisa di share dengan dua orang. Al baik ini juga menyedikan the best shrimp tempura dengan harga masih dibawah SR 20, atau bisa juga mencoba shwarmanya dengan harga sekitar SR 5 tapi rasanya.

Bisa juga dicoba di al-tazaj dengan harga sekitar SR 10 anda sudah mendapatkan ayam setengah ekor dan kentang. Kalo mau lebih mahal dikit, bisa dapat nasi dan ayam. Porsi nasi juga bisa untuk tiga orang. Di mall-mall juga banyak franchise yang menjual makanan yang biasa dijajakan orang India/Bangladesh/Pakistan/Malaysia/Indonesia. Pernah suatu hari, saya kangen masakan Indonesia kebetulan menemukan rumah makan padang, setelah dicoba rasanya jauh dari aslinya masakan padang dan porsinyanya lumayan banyak bisa satu porsi untuk berdua. Saran saya, lebih baik membeli makanan asli mereka (Al tazaj atau Al baik) daripada beli makanan Indonesia yang rasanya jauh dari pengharapan. Satu hal kalau kangen makanan yang berbahan Mie, maka anda dapat membeli mi instant yang dijual di setiap toko – toko dijamin produksi indofood.

Karena cuaca disana kadang kalau dingin dan dingin sekali, kalau panas maka panas sekali, jangan lupa untuk menjaga kesehatan, sering-sering minum jus jeruk atau beli yoghurt atau susu cair yang tersedia di supermarket. Dijamin deh yoghurt disina jauh lebih enak dan lebih murah. Enggak perlu takut untuk mencoba. Jangan lupa bawa obat-obatan ya, Wassalam, semoga bermanfaat. Jazakumulloh Khoiron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 2 Maret 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: