Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Mimpiku, Jakarta punya Transportasi Massal

Jakarta memang sudah harus memiliki angkutan massal. Hal ini disebabkan oleh perkembangan Jakarta itu sendiri yang kian hari semakin padat. jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan dan terutamanya Pemerintah tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai serta tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk. Apabila Bapak dan Ibu sehari-hari melewati jalur-jalur protokol di ibukota Jakarta pasti akan merasakan hal ini. Hampir setiap hari, pagi maupun sore jalanan Ibukota penuh dengan hiruk pikuk lalu lalang kendaraan, macet dimana-mana. Lalu lintas tersendat atau bahkan terhenti di sepanjang jalan-jalan protokol Ibukota.

Untuk itu perlu upaya-upaya yang harus dilakukan dalam rangka menyusun kebijakan transportasi publik yang lebih nyaman sehingga dapat mengalihkan minat para pengguna kendaraan pribadi ke angkutan massal. Peningkatan kapasitas dengan menambah lebar jalan ataupun lajur lalu lintas hanya sedikit sekali menyelesaikan masalah, buktinya Jakarta tetap macet. Tatkala Pemerintah Daerah DKI Jakarta hendak membangun jalur monorail, saya sangat senang dan berpikir semoga monorail yang nyaman ini seperti di luar negeri dapat membawa ribuan orang dari dan ke Jakarta untuk mengais rejeki. Paling tidak bagi orang-orang yang memiliki kendaraan lebih baik naik monorail daripada capai-capai menyetir dari Bogor, Bekasi ataupun Tangerang.

Tanpa kita sadari, kemacetan telah membawa dampak negatif bagi para pengguna jalan. Kerugian waktu, mengambil istilah teman “umur kita hanya tua di jalan.” Bisa dibayangkan sehari terkena macet 2 (dua) jam saja dikalikan 5 (lima) hari kerja dikalikan 20 (dua puluh) hari kerja dalam sebulan = 200 jam atau sama dengan 8 hari. Bayangkan 8 hari hanya dijalanan dalam 1 bulan. Disamping itu berdampak kepada perilaku pengguna jalan seperti stress.

Karenanya sebagai warga yang mencari rejeki di Ibukota Jakarta ini berharap mudah-mudahan kedepan Pemerintah dalam hal ini Pemda DKI Jakarta dapat mewujudkan cita-citanya memiliki transportasi massal yang murah, mudah dijangkau, 24 jam operasional pelayanannya, nyaman dan aman.

Mari kita semangati Jakarta yang Sejahtera, Modern, Aman, Religius dan Tertib (SMaRT).

Jazakumulloh Khoiron

Langkah pertama yang diperlukan untuk mendapatkan hal-hal yang Anda inginkan dalam hidup adalah memutuskan apa yang Anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 27 Januari 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: