Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Hikmah dibalik musibah

Sahabatku.

Kami semua turut berduka cita atas meninggalnya korban tragedi mobil xenia “maut” pada hari minggu tanggal, 22 Januari 2011 di sekitar Tugu Tani yang telah merenggut nyawa 9 orang dengan iringan do’a : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ، وَعَافِهِ، وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَاراً خَيْراً مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْراً مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجاً خَيْراً مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ (وَعَذَابِ النَّارِ).
“Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkan dia, ampunilah dan tempatkanlah dia di tempat yang mulia, luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan es. Bersihkan dia dari kesalahan-kesalahannya, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik daripada rumahnya, berilah keluarga (atau istri di syurga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya di dunia), dan masukkanlah dia ke syurga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka“ Marilah kita bersama-sama untuk tidak saling menghakimi, menghujat. Sebagai orang yang beragama marilah kita mendoakan semoga pelaku diberikan kesadaran dan dibukakan pintu taubatnya serta diberikan jalan yang diridhoi, kepada para korban semoga diampuni segala dosanya dan diterima amal ibadahnya dan keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kekuatan zahir dan batinnya dan diberikan kemudahan dalam menghadapi kehidupan ini. aamiin.

Sahabatku.

Dari peristiwa tersebut, kita dapat mengambil hikmahnya; yang pertama bagi Saudara Avriani Susanti (AS). Anda walaupun mendapatkan musibah atas kekeliruan Anda sendiri tapi Anda masih diberi kasih sayang Allah yaitu Anda tetap sehat, segar bugar walaupun kendaraan yang Anda naiki hancur. Artinya dengan sehatnya Anda semoga menjadikan pertaubatan bagi Anda untuk tidak mengulangi lagi perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama seperti minum-minuman keras (khamar), menggunakan shabu-shabu yang semuanya memabukan. Firman Allah SWT : “Dan apapun musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, ….”. (QS. Asy-Syuaraa : 30)

Kemudian yang kedua bagi kita semua, melalui peristiwa tersebut memberikan pesan kepada kita agar jangan sekali-kali mencoba untuk menggunakan atau meminum-minuman keras (khamar). AS adalah contoh hidup dan nyata atas perilaku yang bertentangan dengan agama ini. Allah telah memberikan jalan mana yang baik dan benar dan mana yang sesat menyesatkan.

Quran Surat Al-Maidah [5:90-92]

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْآ إِنّـَمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَاْلأَنْصَابُ وَاْلأَزْلـٰمُ رِجْسٌ ّمِنْ عَمَلِ الشَّـيْطٰنِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ (90)  إِنَّمَا يُرِيْدُالشَّيْطـٰنُ أَنْ يُوْقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدٰوَةَ وَالْبَغْضَآءَ فِى الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللهِ وَعَنِ الصَّلوٰةِ فَهَلْ أَنْتُمْ ّمُنْتَهُوْنَ (91) وَأَطِيْعُوااللهَ وَأَطِيْعُواالرَّسُوْلَ وَاحْذَرُوْا، فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوْآ اَنَّمَا عَلىٰ رَسُوْلِنَا الْبَلـٰغُ الْمُبِيْنُ (92)

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kamu kepada Rasul (Nya) dan berhati-hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang

Ingat kata bijak : Penyesalan akan hari kemaren, dan ketakutan akan hari esok adalah dua pencuri yang mengambil kebahagiaan saat ini.

Jazakumulloh khoiron.

Semoga bermanfaat. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 26 Januari 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: