Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

Jalan – Jalan Ke Kota Gudeg

1. Penerbangan Jakarta – Yogyakarta.

Setelah 1 (satu) jam menunggu akhirnya pesawat yang membawa kami terbang juga Boeing 737 (Lion Air) tepat Pukul 18.30 WIB pesawat mendarat dengan kasar. Setelah 30 menit berputar putar dilangit Yogyakarta karena cuaca buruk.

Alhamdulillah YA Allah atas karuniaMu kami mendarat dengan selamat.

2. Bebek Goreng (BeGor) Cak Koting.

Setelah stress karena goncangan pesawat akhirnya terobati dengan makan malam di Cak Koting. Buat mereka yang ‘tukang’ makan dan tinggal di Yogyakarta, pasti tak asing lagi dengan warung makan Cak Koting. Yups.., warung sederhana yang menyediakan menu Bebek Goreng ini sangat terkenal di sana.

Bahkan, namanya sudah mendunia sehingga mengumpulkan banyak fans sampai ke luar Yogyakarta. Bagi Anda yang belum pernah singgah ke warung makan Cak Koting, ternyata tempat ini mudah di temukan. Alamatnya di Jl Dr. Sutomo, persisnya di depan bioskop Mataram.

Jika di perhatikan kedai Cak Koting ini lumayan luas, saking luasnya mengambil sebagian lahan parkir yang ada di sebelah ruko. Meski tempat ini luas dan menyediakan banyak bangku, ternyata sang pemilik tampaknya masih mempertahankan ciri khas Yogya yaitu menyediakan tempat bagi mereka yang ingin makan duduk lesehan di emperan ruko.

Pemilik warung adalah Pak Suhardi atau biasa dipanggil dengan Koting, karena Suhardi ini asli arek Suroboyo, maka banyak orang yang memanggilnya dengan nama Cak Koting. Nama Cak Koting ini lah yang akhirnya dipilih Suhardi sebagai nama warung makannya.

Suhardi mendirikan rumah makan ini sejak tahun 1994, setelah sebelumnya dia membuka usaha yang sama di kampung halamannya. Keputusan Suhardi untuk hijrah ke Yogya memang tepat, karena di kota pelajar ini justru usahanya kulinernya banyak disukai oleh masyarakat setempat. Pokoke makan nang kene Ajiiiiib

3. Candi Borobudur

 Pada hari Sabtu, tanggal 14 Januari 2012 Pukul 08.00 WIB seluruh rombongan menuju kawasan Candi Borobudur di Kota Magelang. Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang didalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Para peziarah masuk melalui sisi timur memulai ritual di dasar candi dengan berjalan melingkari bangunan suci ini searah jarum jam, sambil terus naik ke undakan berikutnya melalui tiga tingkatan ranah dalam kosmologi Buddha. Ketiga tingkatan itu adalah Kāmadhātu (ranah hawa nafsu), Rupadhatu (ranah berwujud), dan Arupadhatu (ranah tak berwujud). Dalam perjalanannya ini peziarah berjalan melalui serangkaian lorong dan tangga dengan menyaksikan tak kurang dari 1.460 panel relief indah yang terukir pada dinding dan pagar langkan.

Menurut bukti-bukti sejarah, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam. Dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa. Sejak saat itu Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran. Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, kemudian situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Borobudur kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan; tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah obyek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

4. Rumah Makan Pringsewu Sleman, Yogyakarta.

Rumah makan berbendera Pringsewu ini pusatnya ada di kotaku lho “Purwokerto” dan sudah memiliki cabang di berbagai kota besar. Salah satunya disini di kota Sleman. Setelah menempuh perjalanan nan melelahkan dari Magelang kami melepaskan rasa lapar dan dahaga dengan makan memakan di Restaurant Pringsewu Sleman. Sedikit cerita restaurant ini, katanya demi mewujudkan misi Pringsewu Restaurant Group, memenuhi kebutuhan pelanggan akan konsumsi yang bergizi tinggi, hygine dan aman bagi kesehatan, Pringsewu Jogja melakukan inovasi menu yaitu mengolah Jamur menjadi menu makanan yang Lezat, bergizi dan berkualitas.  Aneka Jamur yang disediakan Pringsewu Jogja antara lain sate jamur, fuyunghai,ca/tumis jamur,bitter baln,jamur crispy,dll.

Harga menu jamur kami tawarkan mulai Rp.12.500/porsi. PRINGSEWU Jogja memberikan Voucher senilai Rp. 25.000,- setiap pembelian aneka menu jamur  s/d : 15 Juni 2011. Restoran Taman Pringsewu Jogja berlokasi di Jl. Magelang km 9, Mulungan, Sleman, Yogyakarta.

Jamur merupakan jenis makanan organik yang mengandung nilai gizi tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan gizi yang terdapat pada jamur antara lain: sumber karbohidrat dan protein,kalium,kalsium,vitamin B, dan vitamin C. Selain itu jamur juga dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya,Sukar tidur (Insomnia), pusing, bronkhitis, asma, silicosis, hepatitis; Hipertensi, sakit jantung, sakit lambung, tidak napsu makan; Rematik

Nur Siti Dwi Wijayanti ( Nuri )

Marketing Pringsewu Jogja Garden Resto

Jl. Magelang km 9, Mulungan, Sleman, Yogyakarta

Telp     : 0274 867 978;

Fax      : 0274 867 708

5. Pantai Parangtritis

Tepat Pukul 16.00 WIB kami beserta rombongan tiba di Desa Parangtritis. Di desa ini terdapat pantai Samudra Hindia yang terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta. Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir yang tinngi di sekitar pantai, gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak pemda Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Selain itu ada pemandian yang disebut parang wedang konon air di pemandian dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kulit, air dari pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pengunungan di lokasi tersebut. Air panas dari parang wedang dialirkan ke pantai parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak

Lokasi lain adalah Pantai Parangkusumo yang di pantai tersebut terdapat tempat konon untuk pertemuan antara raja Yogyakarta dengan Nyi Roro Kidul. Pada hari-hari tertentu (biasa bulan suro) di sini dilakukan persembahan sesajian (labuhan) bagi Ratu Laut Selatan atau dalam bahasa Jawa. Penduduk setempat percaya bahwa seseorang dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau muda jika berada di pantai ini. Pantai Parangtritis menjadi tempat kunjungan utama wisatawan terutama pada malam tahun baru Jawa (1 muharram/Suro).

Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat.

6. Jalan-Jalan ke Brata Textile

Trade Lead Details
Company Brata Toko
Activities /Textile & Cloth/Agents/
Category Agents
State YOGYAKARTA , Indonesia
City JAWA TENGAH
Address Jl Malioboro 91;YOGYAKARTA 55271; JAWA TENGAH
Fax 0274-512789

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 18 Januari 2012 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: