Catatan Si Kaswo (CsK)

pergi karena tugas….pulang karena beras

PENYELENGGARAAN PEMBINAAN PENGELOLAAN PERLENGKAPAN PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM MALUKU UTARA

A. Latar Belakang

Upaya pengembangan Sumber Daya Manusia dalam rangka menunjang tugas pokok dan fungsi organisasi telah dilakukan oleh Biro Perlengkapan dalam bentuk penyelenggaraan pembinaan pengelolaan perlengkapan dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM yang salah satunya diselenggarakan di Maluku Utara.

Dengan penyelenggaraan ini diharapkan para pegawai dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara dapat melaksanakan tugasnya sesuai yang diharapkan dibidang pengelolaan perlengkapan.

B. Dasar Hukum

Sebagai dasar hukum dari penyelenggaraan pembinaan pengelolaan perlengkapan dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara adalah Surat Perintah Kepala Biro Perlengkapan Kementerian Hukum dan HAM nomor : SEK4.DL.01.01-22 tertanggal 14 September 2011.

C. Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

1. Waktu

Kegiatan pembinaan pengelolaan perlengkapan dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara telah diselenggarakan dari tanggal 20 s/d 22 September 2011.

2. Tempat

Kegiatan pembinaan pengelolaan perlengkapan dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara diselenggarakan di Auditorium Kantor Wilayah Maluku Utara di Ternate.

D. Peserta

Berdasarkan daftar kehadiran peserta sebanyak 27 (Dua puluh tujuh) orang terdiri dari para pegawai yang sehari-harinya menangani bidang perlengkapan pada satuan kerja dilingkungan Kanwil Maluku Utara yang meliputi Kantor Wilayah, Kantor Imigrasi, Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.

E. Narasumber

Narasumber yang memberikan materi terdiri dari :

1. Pejabat KPKNL Kementerian Keuangan di Ternate;

2. Para Pejabat Eselon IV Biro Perlengkapan.

F. Hasil Pelaksanaan

  1. Pada hari pertama, penyelenggaraan acara yang dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi sekaligus berkenan memberikan sambutan atas nama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara dan sambutan Kepala Biro Perlengkapan yang dibacakan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Biro dilanjutkan dengan bimbingan mengenai Pengelolaan Barang Milik Negara oleh Pejabat dari KPKNL Ternate.
  2. Pada hari pertama tersebut juga diisi dengan bimbingan mengenai penatausahaan Barang Milik Negara dan pelatihan aplikasi SIMAK BMN oleh Kepala Sub Bagian Pembukuan Bagian Penatausahaan BMN.
  3. Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai tata cara pensertipikatan tanah dan penyampaian informasi seputar pelaksanaan Reformasi Birokrasi sebagaimana amanat Sekretaris Jenderal dalam setiap Apel Pagi di Kementerian Hukum dan HAM yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian TU Biro Perlengkapan.
  4. Pada hari kedua dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai aplikasi persediaan dan KDP yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Pembukuan Bagian Penatausahaan BMN.
  5. Jadwal hari ketiga, kegiatan diisi oleh Bagian Penghapusan yang menyampaikan materi tentang pengelolaan BMN/Daerah, pemanfaatan BMN dan tata cara tukar menukar serta dilanjutkan dengan materi mengenai SOP penyimpanan dan penyaluran BMN.
  6. Selanjutnya pada hari ketiga tersebut, acara ditutup oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara mewakili Kepala Kantor Wilayah.

H. Kesimpulan

  1. Dari penyelenggaran tersebut, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pembinaan pengelolaan perlengkapan dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara, sehingga penyelenggaraannya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
  2. Hasil dari diskusi terdapat beberapa hal yang menjadi catatan yaitu :
  • Terkait usulan penghapusan dari LP Sanana sejak tahun 2010 belum diproses karena terdapat kekurangan data/dokumen dan ini sudah disampaikan langsung kepada UPT bersangkutan agar melengkapi data/dokumen dimaksud.
  • Seluruh satker dilingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Maluku Utara belum ada yang mengusulkan status penggunaan BMN guna memenuhi ketentuan yang berlaku.
  • Masih perlu pembinaan dalam aplikasi persediaan dan KDP dilingkungan Kantor Wilayah Maluku Utara.

Jakarta, 23 September 2011.

Tim Penyelenggara Pembinaan Pengelolaan Perlengkapan dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 16 Desember 2011 by .

Pos-pos Terbaru

Kategori

%d blogger menyukai ini: