Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan Bimbingan Teknis TNDE

DSC_4861catatansikaswo.wordpress.com-Kepemerintahan yang baik (good governance) telah menjadi sebuah komitmen dalam pengelolaan administrasi pemerintahan antar instansi dan sudah sangat mendesak untuk dilaksanakan oleh aparatur pemerintah sesuai dengan tuntutan masyarakat. Salah satu solusi yang diperlukan adalah keterpaduan sistem penyelenggaraan pemerintahan, melalui jaringan sistem informasi antar instansi pemerintah, untuk mengakses seluruh data dan informasi tentang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi. Untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik dilakukan dengan menerapkan dan mengembangkan kepemerintahan elektronik (e-goverment) melalui Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE).

DSC_4801Salah satu program aksi Kementerian Hukum dan HAM tahun 2013 yaitu penerapan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) dalam rangka mewujudkan pelaksanaan administrasi yang lebih mudah, cepat, transparan, tertib, terpadu, produktif, akurat, dan aman.

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan program aksi, pada tanggal 1 Maret 2013 bertempat di Biro Umum Sekretariat Jenderal, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia meresmikan penggunaan TNDE di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kepala Biro Umum, Bapak Drs. M. Arifin HA, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam rangka mempercepat penerapan TNDE di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang telah diresmikan tersebut, maka pada tanggal 3 s.d. 5 Juni 2013 diselenggarakan Bimbingan Teknis Tata Naskah Dinas Elektronik Kementerian Hukum dan HAM Tingkat Unit Eselon I dan Kantor Wilayah di Hotel Palace Cipanas Cianjur Jawa Barat yang diikuti oleh 44 (emapt puluh empat) pejabat eselon IV Unit Eselon I dan Kantor Wilayah.

DSC_4846Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bapak Dr. Bambang Rantam Sariwanto dalam pengarahannya pada saat pembukaan kegiatan ini beliau menyampaikan dukungannya atas diselenggarakannya Bimtek TNDE dan beliau berpesan agar output kegiatan ini diharapkan dapat diterapkan secara nyata dalam meningkatkan kinerja Kementerian Hukum dan HAM menjadi lebih baik untuk menunjang Program Reformasi Birokarasi di Kementerian Hukum dan HAM.

Pada kesempatan ini hadir sebagai narasumber Asisten Deputi Pemantauan dan Evaluasi Kementerian PAN dan RB, Kepala Bagian Persuratan dan Reproduksi Kementerian Sekretariat Negara dan dilanjutkan dengan pengenalan Aplikasi TNDE oleh Tim Biro Perencanaan dan Pelatihan Penggunaan TNDE oleh Tim Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM.

Akhirnya mengutip kata bijak berikut ini : Cita-cita bukanlah takdir, tapi sebuah penunjuk arah. Ia bukan perintah, tapi komitmen. Ia tak menentukan masa depan, melainkan wahana untuk menggerakkan sumber daya dan energi bagi usaha membangun masa depan. Peter F Drucker, pakar motivasiĀ 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s